Cari
  • Waroeng Kemarang

Penamaan Usaha, Badan Usaha dan Logo

Apalah arti sebuah nama, demikian kata pepatah. Namun, bagi kami nama akan sangat berarti dan menentukan. Dengan sebuah nama kami menginginkan agar setiap orang yang mengetahuinya dapat langsung mengerti dan memahami apa jenis usaha kami dan apa maksudnya, serta apa nilai-nilai yang dijunjung tinggi. Nama sebaiknya juga original, belum ada yang memakai sebelumnya atau menyerupainya. Semula, kami melihat dan tertarik dengan nama-nama usaha yang berasal dari kata-kata bahasa Osing di Banyuwangi yang sudah ada dan terkenal dilingkungan Banyuwangi seperti kata: Osing, Gandrung, Seblang, Ijen, Java, Banana, Isun, Seblang, dls. Namun, selanjutnya kami menginginkan nama usaha yang khas dari bahasa Osing Banyuwangi yang belum dipakai. Dari hasil diskusi bersama keluarga, kami sepakat dengan sebuah nama: KEMARANG.


“Kemarang” berasal dari bahasa Osing asli, yang artinya Tempat Nasi, atau dalam bahasa Indonesia disebut Bakul, atau dalam Bahasa Jawa adalah Wakul. Kami sudah googling di internet, kata Kemarang tersebut sama sekali tidak ditemukan dimanapun. Jadi, begitu keputusan diambil, domain kemarang.com langsung kami reserve dan bayar untuk 3 tahun. Bagi suku Osing Banyuwangi, Kemarang merupakan simbul kemakmuran dalam keluarga dimana apabila keluarga memiliki Kemarang, maka kebutuhan makanan untuk keluarga selalu diperhatikan dan terpenehui. Kemarang juga sangat sesuai dengan suasana tempat usaha kami yaitu persawahan produktif yang subur di pedesaan, prenghasil padi sebagai bahan pokok beras dan Nasi. Secara kebetulan, kata Kemarang mirip dengan nama Dukuh di mana lokasi sawah tempat usaha berada yaitu Dukuh Lemarang, Dusun Wonosari, Desa Tamnsuruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi.


Setelah memutuskan nama usaha, yang tidak kalah pentingnya adalah men-design Logo-nya, yaitu sebuah gambar, font dan pewarnaan yang sesuai dengan penamaan. Gambar berupa garis lekuk yang berbentuk bakul, tilisan font Arial, warna ke-emas-an menjadi Logo Waroeng Kemarang, yang memiliki makna: Sederhana namun Megah serta Makmur.




Gambar

Logo Waroeng Kemarang, berupa gambar Bakul, Font Aerial, Warna Kuning Ke-Emasan


Setelah memilki nama usaha, design logo sudah punya, maka Badan Hukum sudah bisa didaftarkan ke Notaris yang berwenang dan instansi pemerintah sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku. Untuk bentuk badan usaha, kami memilih CV, yaitu “CV Kemarang”. Menurut definisi Pengertian CV adalah suatu bentuk badan usaha persekutuan yang didirikan oleh dua orang atau lebih dimana beberapa anggotanya memiliki tanggung jawab yang tak terbatas dan sebagian anggota lainnya memiliki tanggung jawab yang terbatas. Sekutu Aktif (Komplementer), yaitu sekutu yang menjalankan perusahaan dan memiliki hak melakukan perjanjian dengan pihak ketiga. Sekutu Pasif (Komanditer), yaitu sekutu yang hanya menyerahkan modal dalam persekutuan dan tidak turut campur dalam kepengurusan, maupun kegiatan perusahaan. Sebagai pensiunan, kami memilih CV, karena agar saya dapat langsung menjadi Owner sebagai sekutu aktif dan mengangkat Istri dan Anak menjadi Sekutu Pasifnya.


Selain Nama Usaha, Logo, Badan Usaha, yang sangat penting di era Teknologi Informasi dan Media Sosial saat ini, maka yang perlu segera dibuat selain domain kemarang.com, adalah membuat ID di Instagram, Tweeter, facebook, google map, serta kontak telepon dan WhatsAp untuk masing-masing unit usaha. Usahakan nomer kontak adalah nomer yang cantik, usahakan yang jenis paska bayar/corp SIM Card agar nomer tidak mudah terhapus bila terlambat membayar, juga adalah bukan nomer kontak per-orangan pegawai agar bila pegawai berhenti bekerja nomer masih tetap nomer unit usaha. Dibawah ini kontak ntuk masing-masing unit usaha yang kami dibuat:


WAROENG KEMARANG

Alamat: Jl. Perkebunan Kalibendo, KM. 5, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Contact:

Telp: (0333) 3385607

Email: waroeng.kemarang@gmail.com

Reservasi & Detail Info

WA: 0811 80104777

Telp: (0333) 3385607

Website: www.kemarang.com

Lokasi Maps: https://goo.gl/maps/wee57KFVvpx

Facebook: https://www.facebook.com/waroengkemarang/

Tweeter: @waroengkemarang

Instagram: @waroengkemarang

VILLA KEMARANG

Alamat: Jl. Perkebunan Kalibendo, KM. 5, Desa Tamansuruh, Kec. Glagah, Kabupaten Banyuwang, Jawa Timur

(15 Minutes from Banyuwangi City, 45 Minute to Pal Tuding-Ijen)

Bisa booking via AirBnB, booking.com, tiket.com, traveloka.com, atau Manual Call.

Receptionist:

Telp: (0333) 3385226

WA: +62 811 1232 2777

Email: villa.kemarang@gmail.com

Facebook: Villa Kemarang

Website: www.kemarang.com

SEGO TEMPONG KEMARANG - Roxy Mall Banyuwangi

Alamat: Jl. A. Yani, No. 21-23 Banyuwangi

Food Court #GF-017

HP/WA: +62 811-1840-057

Facebook: Sego Tempong Kemarang

Instagram: @STKemarang

KUCUR KEMARANG – Take Away

Alamat: Jl. Perkebunan Kalibendo, KM. 4, Desa Tamansuruh, Kec. Glagah, Kabupaten Banyuwang, Jawa Timur

HP/WA: +62 811-3770557

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kemarang News

© 2020 by Kemarang Group