top of page

Kemarang News

Cari
  • Waroeng Kemarang

Arsitektur ITB kunjungi Waroeng Kemarang Banyuwangi

Rombongan yang terdiri dari 31 orang Alumni Arsitektur ITB, mengunjungi kota Banyuwangi, sejak hari Kamis tgl. 2 sampai 5 Nopember 2023. Hari pertama, begitu landing di Banyuwangi, rombongan langsung mengunjungi Waroeng Kemarang, di Jl. Perkebunan Kalibendo Desa Tamansuruh, Kec. Glagah, dimana selain makan siang menu tradisional khas Banyuwangi dan menyaksikan kesenian Gandrung, para arsitek jebolan ITB dan dosen ITB tersebut juga mengunjungi 2 ikon yang ada di Waroeng Kemarang, yaitu: Rumah Adat Osing Terbesar dan Patung Omprok Gandrung Terbesar.


Ketua Rombongan Arsitektur ITB, Lily Tambunan mengatakan, kami tidak menyangka kalau di Waroeng Kemarang disambut dan dipandu langsung oleh Ownernya, Wowok Meirianto, yang adalah juga alumni ITB, sama-sama lulusan dari SAPPK (Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan). Wowok menjelaskan bahwa Rumah Adat Osing, Tikel Balung adalah rumah adat yang dirancang oleh para leluhur yang memiliki nilai-nilai seni dan manfaat, antara lain ruangan yang sekatnya harus bisa dikebat (dibuka) untuk acara-acara syukuran, berkumpul dengan kerabat dan berkesenian, rumah tikel balung dibangun tanpa menggunakan paku, kecuali pada reng. Hal ini dimaksudkan agar rumah tahan terhadap goncangan gempa yang mungkin ketika itu wilayah Banyuwangi adalah merupalan daerah yang rawan gempa bumi oleh tektonik gunung Ijen dan sekitarnya, imbuh Wowok. Panggung Omprok (mahkota) Gandrung dibangun pada tahun 2021, dimana ketika itu dipicu oleh karena tamu yang datang di Waroeng Kemarang tidak mau menonton kesenian tradisional di ruangan tertutup, sehingga ada ide untuk membuat patung Omprok, yang berfungsi sebagai ampitheater terbuka, untuk menonton kesenian tradisional, agar menjafi daya tarik bagi tamu wisatawan yang datang ke Banyuwangi.


Selesai berkunjung ke Waroeng Kemarang, rombongan Alumni Arsitektur ITB melanjutkan kunjunganya ke beberapa tempat bangunan-bangunan menarik di Banyuwangi, seperti: Villa Osing Bamboo, Gandrung Terakota, The Terrace, Kunang-kunang, GOR Tawangalun, Pendopo Shaba Swagata Banyuwangi, Gedung Politeknik Banyuwangi, Airport Banyuwangi, dls.



10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page